Menentukan Masa Subur Wanita Setelah Siklus Haid Tidak Teratur, ini 3 Cara-nya

3 Cara menentukan masa subur pada pria dan wanita setelah nifas jika siklus haid tidak teratur agar cepat hamil dengan kalender

Masa subur seorang wanita biasanya dipengaruhi pada siklus menstruasi yang mempunyai 3 fase yaitu ovulasi, folikuler dan luteal. Setiap sel telur masuk dalam folikulel menghasilkan jenis hormon esterogen.

Sehingga proses ovulasi berlangsung lalu sel telur dilepaskan untuk menghasilkan hormon progesteron. Untuk mendapatkan kehamilan sel sperma perlu menunggu sampai sel telur matang.

Sel telur hidup selama 24 jam setelah proses ovulasi, sedangkan untuk sel sperma bertahan sampai 5 hari di dinding vagina wanita. Untuk itu, perlu adanya cara menentukan masa subur agar nanti dalam melaksanakan programa cara cepat hamil bisa berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil.

Berikut ini beberapa cara yang efektif untuk menentukan masa subur seorang wanita, antara lain:

1. Bagan siklus menstruasi

Dengan mencatat siklus menstruasi maka akan mengetahui fase-fase yang sangat membantu untuk menentukan masa ovulasi. Cara ini hanya untuk wanita yang memiliki siklus yang teratur. Caranya:

– Menggunakan kalender untuk pencatatan tanggal hari pertama menstruasi.
– Nomori setiap hari dalam siklus menstruasi yang ada.
– Kembali mencatat hari pertama siklus mentruasi yang selanjutnya jika terdapat menstruasi lagi.
– Buat bagan siklus menstruasi minimal 4-5 bulan. Semakin banyak siklus yang dicatat maka semakin terjamin penilaian masa subur. Namun perlu memiliki catatan siklus minimum untuk penentuan siklus mentruasi teratur atau tidak. Hal ini perlu diketahui.

2. Metode kalender

Wanita yang memiliki siklus mentruasi teratur biasanya 26-32 hari sudah dapat menentukan masa subur dengan melacak rata-rata siklus. Wanita yang memiliki siklus teratur pasti memiliki panjang pendek siklus yang bervariasi namun tidak akan mengalami jenis variasi yang besar dalam durasi siklus tersebut. Cara penerapannya:

– Meninjau siklus mentruasi dan mencatat hari di siklus terpanjang dan terpendek.
– Untuk siklus terpendek bisa dikurangi dengan 18. Misalnya siklus 28 hari maka menghasilkan 28-18 yaitu hari ke 10.
– Untuk siklus terpanjang dapat dikurangi 11. Misalnya, siklus 28 maka akan menghasilkan 28-11 yaitu hari ke 17.
– Lingkari kalender antara hari pertama dan kedua. Misalnya, ada seorang wanita yang memiliki siklus terpendek 27 dan siklus terpanjang 29 maka yang perlu dilingkari pada kalender adalah hari ke 9 sampai 20. Karena inilah masa subur wanita tersebut.

3. Alat prediktor ovulasi

Alat yang mudah ditemukan di apotik yang akan menunjukan strip test yang menunjukkan hormon LH pada urine. Prediktor inilah yang nanti akan menunjukkan masa subur seorang wanita itu setelah ovulasi. Hal ini perlu untuk dipelajari dan sistem kerjanya sama persis test pack kehamilan. Cara kerjanya:

– Buka alat dan baca petunjuk yang ada di kemasan.
– Mengambil sampel urin lalu masukkan di dalam strip atau bisa langsung kencing dalam strip. Ikuti cara dan ketentuan yang ada dalam kemasan.
– Tunggu beberapa saat apakah nanti strip menunjukan LH. Jika nanti ada peningkatan di bagian LH maka bisa diindikasi bahwa masa subur wanita itu ada.

Itulah cara menentukan masa subur yang efektif bagi seorang wanita yang ingin memiliki seorang anak segera. Selain menggunakan cara di atas perlu penerapan pola hidup dan pola makan yang sehat. Karena hal ini akan menentukan masa subur wanita.

Sedangkan untuk pria juga perlu meningkatkan sel sperma dengan menghindari merokok, minuman beralkohol dan pola hidup yang mengganggu hasil kualitas spermanya. Hal ini perlu untuk diketahui dan dipelajari lebih lanjut

One thought on “Menentukan Masa Subur Wanita Setelah Siklus Haid Tidak Teratur, ini 3 Cara-nya

Comments are closed.