Ciri Hamil Muda Yang Sehat Seminggu Sebelum Terlambat Haid

Flek Bercak Darah Adalah Ciri Hamil Muda

Bercak darah yang terjadi ketika hamil muda bisa dikatagorikan sangat bahaya untuk kehamilan. Namun bercak darah sangat sering dialami oleh ibu yang hamil tapi sebagaian dari mereka belum mengetahui kenapa bercak darah tersebut muncul. Bercak darah menandakan bahwa wanita tersebut mengalami masa hamil.

Bercak darah muncul hanya sedikit dengan masa selama tiga hari saja. Banyak wanita yang beranggapan bahwa bercak darah menandakan akan masuk masa haid namun hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda kehamilan.

Penyebab Terjadinya Bercak Darah

Bercak darah yang muncul ketika masa hamil disebut dengan spotting. Spotting dalam hal ini tidak diikuti dengan gajal yang lain. Spotting tersebut keluar secara normal, namun harus diketahui perbedaan yang benar antara pendarahan dan bercak darah.

Bercak darah muncul ketika masa kehamilan mencapai trimester pertama. Terjadi pada 20% ibu yang sedang hamil. Penyebab umum terjadinya bercak darah di trimester pertama adalah sebagai berikut:

1. Rahim wanita hamil semakin membesar di trimester pertama. Rahim membesar tersebut yang menyebabkan keluarnya bercak darah.

2. Kantung kehamilan pada wanita yang sedang hamil menyebabkan keluarnya bercak darah. Kantung kehamilan yang membuat rahim terdesak dan membesar.

3. Embrio yang menempel di bagian dinding rahim juga penyebab bercak darah muncul dari vagina.

4. Berhubungan intim ketika masa kehamilan juga bisa menyebabkan keluarnya bercak darah di bagian vagina. Servik yang semakin lunak yang dikelilingi oleh pembuluh darah.

5. Perubahan hormon pada ibu hamil juga sangat mempengaruhi terjadinya bercak darah. Hormon semakin meningkat sebelum masa kehamilan.

Bahayanya Bercak Darah

Bercak darah tidak selamanya aman untuk kondisi ibu yang hamil. Bisa juga bercak darah sangat membahayakan untuk kondisi kandungan ibu hamil. Jenis bercak darah yang berbahaya yaitu bercak darah yang disertai dengan komplikasi. Adapun bercak darah yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut:

a. Bercak darah dengan mulas bisa diindikasikan ibu akan melahirkan. Namun bercak darah seperti ini bisa diindikasikan ibu hamil akan mengalami keguguran.

b. Bercak darah disertai dengan kram di bagian perut secara hebat segera untuk ditangani dengan cara yang medis atau bawa ke dokter kehamilan.

c. Bercak darah disertai rasa pegal bisa diindikasikan akan melahirkan. Namun untuk ibu yang hamil muda perlu diwaspadai dan dicurigai. Segera untuk konsultasi dan periksa ke dokter.

d. Bercak darah yang keluar dengan volume yang semakin lama semakin banyak seperti keadaan menstruasi, segera untuk bawa dan periksa di dokter atau ditangani secara medis.

Bagi ibu yang hamil yang mengalami bercak darah di atas sangat membahayakan. Bisa terjadi keguguran dan sangat berbahaya untuk keselamatan ibu hamil. Kalangan ibu akan mengalami kekurangan darah sehingga menimbulkan animea. Jika animea tidak mendapatkan gizi yang cukup, maka akan membahayakan untuk nyawa ibu hamil.

Untuk mengatasi bercak darah bagi ibu hamil, bisa menggunakn hal-hal berikut ini, yaitu:

1. Bagi ibu yang mengalami rasa pegal, perut terasa mulas dan kram, segera untuk digunakan berbaring. Lakukan istirahat yang cukup hindari pekerjaan berat.

2. Perhatikan baik-baik gejala dari bercak darah yaitu ketika bangun tidur rasakan apakah bagian perut terasa kram, pegal atau mulas. Pada saat itulah ibu hamil bisa mengeluarkan bercak darah.

3. Rutin untuk konsultasi dan periksa ke dokter mengenai masih atau tidaknya bercak darah yang keluar. Pastikan keadaan kandungan baik-baik saja tidak mengalami suatu masalah.

Ciri hamil muda perlu diketahui dan diwaspadai dengan penanganan yang baik dan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *