13 Pantangan ibu wanita hamil muda trimester pertama agar tidak keguguran menurut islam dan orang jawa 1 minggu bulan

13 Pantangan ibu wanita hamil muda trimester pertama agar tidak keguguran menurut islam dan orang jawa 1 minggu bulan.

Masa kehamilan di trimester pertama merupakan masa hamil muda yang sangat rentan dalam berbagai macam resiko. Hal ini perlu penjagaan yang ekstra karena kehamilan ini merupakan bayi yang dianugerahi oleh Tuhan. Jika nanti terjadi kesalahan ketika masa kehamilan muda, maka akan mengakibatkan keguguran, gagal proses pertumbuhan dan cacat bawaan.

Untuk itu, ketika awal kehamilan, sebaiknya mengetahui beberapa pantangan ibu hamil muda berikut ini, diantaranya:

1. Hindari mengkonsumsi alkohol. Bagi ibu hamil yang sudah kecanduan alkohol akan berakibat fatal untuk kehamilan. Seperti, wajah cacat, IQ rendah, koordinasi buruk, keterbelakangan mental dan memiliki perilaku yang agresif.

2. Merokok dapat mengakibatkan terganggunya kehamilan seperti keguguran dan premature. Nikotin yang ada dalam kandungan rokok akan mengakibatkan penyakit kanker pada bayi.

3. Mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung merkuri seperti ikan laut yang memiliki kandungan omega yang sangat baik untuk pertumbuhan janin. Namun jika tercemar merkuri maka akan mengakibatkan cacat dalam janin wanita hamil.

4. Ibu yang hamil muda dilarang keras untuk melakukan program diet walaupun berat badan yang dimiliki tinggi. Di kehamilan trimester pertama janin memerlukan banyak nutrisi untuk pembentukan jantung, otak, dan organ penting yang lainnya. Jika kekurangan nutrisi maka akan menyebabkan cacat dalam saraf, terhambat pertumbuhan janin yang sangat membahayakan ketika bayi lahir nantinya.

5. Di kehamilan trimester pertama wanita hamil dilarang untuk berolahraga atau aktifitas yang berat-berat. Hal ini dikarenakan belum menempel secara permanen sel telur di rahim. Aktifitas yang keras dan berat akan mengakibatkan terjadinya keguguran. Jenis olahraga yang berat seperti, angkat besi, selancar, lari jarak jauh, segera untuk dihindari.

6. Hindari untuk efek radiasi dalam jangka waatu yang lama bagi wanita hamil karena akan mengakibatkan gangguan perkembangan dan cacat. Bagi ibu yang sudah bekerja di radiologi, gunakan pelindung yang ekstra tebal untuk menangkal pancaran sinar radiasi yang tinggi.

7. Ibu hamil tidak boleh mengalami stres yang dampak buruk untuk spikis janian. Stres juga akan mengakibatkan terjadinya keguguran dari dini.

8. Hindari mengkonsumsi makanan mentah baik dari tumbuhan muapun hewan. Makanan mentah dalam hal ini memiliki kandungan mikroorganisme yang sangat berbahaya dan menyebabkan terjadinya cacat dan keguguran.

9. Hindari untuk memakai jenis kosmetik yang memiliki kandungan hidrokinon dan merkuri. Zat inilah yang nanti akan merusak sel dalam proses pertumbuhan bayi. Sebaiknya gunakan jenis kosmetik yang alami, seperti minyak zaitun, alpukat dan madu.

10. Hindari untuk mengkonsumsi sembarangan obat yang nanti akan mengakibatkan gangguan kejiwaan dan pertumbuhan pada bayi. Gunakan jenis obat yang sudah mendapatkan rekomendasi dari para ahli kesehatan atau dokter kandungan.

11. Hindari mengkonsumsi kafein yang sangat berbahaya dan mengakibatkan gangguan pernapasan, denyut jantung meningkat dan enimea di masa kehamilan. Hal ini perlu untuk dihentikan.

12. Hindari jenis makanan yang banyak kandungan zat kimianya. Pilih jenis makanan yang memiliki izin resmi dari pemerintah dan aman untuk ibu hamil. Jika hal ini terjadi, maka akan mengganggu perkembangan bayi dan IQ-nya rendah.

13. Hindari untuk mengkonsumsi pare, nanas dan pepaya muda secara berlebihan. Hal ini akan mengakibatkan adanya keguguran dini.

Itulah beberapa pantangan ibu hamil muda yang perlu untuk dihindari dan perlu diterapkan agar kesehatan janin terjaga dan proses kehamilan sampai terlahir secara normal dan sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *